//
selamat membaca...
Catatan Pribadi, Tips Bisnis untuk Pemula

“Otak Bisnisnya Jalan”

Rasa penasaran saya pada satu bisnis yang sukses dikelola oleh seorang pebisnis muda itu membuat saya berfikir satu kalimat kesimpulan. Kalimat kesimpulan ini yang menjadi rumus bisnisnya sukses melesat. Bukan hanya omsetnya milyaran, tapi meraih keberkahan, in syaa Alloh. Kalimat kesimpulan saya kepada pebisnis itu adalah bawa ternyata benar-benar “Otak Bisnisnya Jalan.”

***

Acapkali kita terperangah bagaimana seorang pemuda naik keatas stage, lalu dia menceritakan kisah suksesnya membangun bisnisnya. Dengan lincah dan lancar dia berhasil memukau audiens yang rata-rata memmang sedang mencari ilmu bagaimana menuju kesuksesan bisnisnya. Karir melesat, bisnis berkembang dan keluarga harmonis, bahagia dan penuh sakinah.

Ketika menjelaskan bagaimana bisnisnya, saya pun ikut mengangguk bagaimana ia dengan cerdas menjelaskan strategi dan skillnya mengembangkan bisnisnya. Juga, ide dan strateginya diluar nalar alias kreatif banget. Nah, ini yang kemudian membedakan dengan pebisnia lainnya yang hidup segan mati tak mau, hehe..

Ada dua skill yang menjadi kesimpulan akhir saya kepada pebisnis itu. Dua skill itu adalah:

 Technical Skill dan Business Skill

Technical Skill adalah ketrampilan teknis seseorang. Misalkan saja kita kenal koki dengan skill memasaknya, sopir taksi dengan skill menyopirnya, tukang pijit dengan skill memijitnya, mekanik dengan skill servisenya, programmer dengan skill ITnya, desainer dengan skill mendesainnya, dan sebagainya.

Apakah seseorang yang mahir pada tingkat skill teknis otomatis bisa sukses jika mereka menjalankan sebuah bisnis? Jawabannya: belum tentu. Setuju kan?

Tetapi, seseorang yang tidak menguasai skill teknis bisa saja sukses memiliki bisnis. Merekalah yanh kemudia menguasai skill bisnis.

Business skill adalah kemampuan seseorang dalam memanage sebuh bisnis. Skill itu antara lain penguasaan managemen keuangan, sistem pemasaran, memahami branding, memahami bagaimana cara memulai, mengembangkan dan melesatkan bisnia. Kalau di coaching kita kenal istilah starting, growing dan 

Jadi, kesimpulannya, mereka yang menguasai skill bisnis akan lebih sukses dibanding hanya menguasai skill teknis. Mari lihat. Gojek tidak punya motor atau ownernya bahkan tak ngojek sama sekali, tapi mampu memiliki bisnis ojek berbasis aplikasi yang intangible assetnya saja sampai 17 triliun, melebihi perusahaan taksi Blue Bird.

Dan masih banyak contoh lainnya yang serupa. Uber, Grabbike, misalnya yang sejenis dengan Gojek. Atau misalkan lagi Traveloka. Hanya berbasis aplikasi, tidak punya hotel, bisa merajai reservasi hotel se Indonesia. Dan masih banyak contoh lainnya.

Seseorang yang memiliki business skill akan mampu mempekerjakan orang tekilnis skill. Dari sinilah sinergi itu muncul. Jadi, kedua tipe orang berkemampuan khusus ini akan maksimal kerjanya jika saling mendukung.

Utamakan Investasi Leher Keatas 

Investasi dalam bisnis menurut saya itu ada 3 macam,

1. Investasi diri sendiri, misalkan belajar, ikut seminar, workshop, dll. Termasuk yang utama adalah penguasaan pemahanan bisnis syariahnya. Agar berkah dan selamat dunia akhirat.

2. Investasi bisnis, pengembangan bisnis, inovasi produk, menambah value, mendidik karyawan, dll

3. Investasi tools, alat yang digunakan untuk meleverage bisnis. 

Maka, jika saya memprioritaskan dari ketiga investasi itu,  saya lebih memilih nomor satu terlehih dahulu kemudian disusul berikutnya. 

Nah, bagaimana dengan sahabat, mau mencobanya?

Semoga BERKAH

Prio Agung Wicaksono
http://www.RumahBalqis.id

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: