//
selamat membaca...
Catatan Pribadi

Muhammad II Ibrahim: Pejuang Shalih Berhati Lembut

Ini adalah cerita tentang kelahiran putra kedua kami tujuh bulan yang lalu. Walau terasa terlambat, saya tetap ingin menuliskan sebuah pesan untuknya sebagaimana untuk Kakaknya Muhammad Khalid Ibrahim (3yo).

***

Putra kedua kami lahir hari Senin tanggal 16 November 2015. Kelahirannya terbilang unik dan membekas dalam kenangan abi dan bundanya.

Saat itu, senin pagi pukul 06:30 WIB kandungan istri terasa lebih mulas dari biasanya. Memang sudah waktunya untuk melahirkan. HPL sudah dihitung oleh dokter bakal lahir dibulan November, bulan spesial, karena bulan ini adalah bulan pernikahan kami, tepatnya tanggal 12 November.

Tiga kali kami bolak balik memeriksakan kandungan. Hasilnya masih sama, belum pembukaan. Tiba senin pagi, saat kami masih dirumah, justru ketuban pecah. Saya berfikir cepat, langsung saja istri saya bonceng pakai motor. Saat dijalan perut makin mulas. Dan benar, sampai bidan terdekat ketuban sudah habis. Wajah khawatir mulai terlihat dimuka istri, akan tetapi saya merasa yakin bisa lahir dengan normal.

Sebuah Kelahiran yang Unik

Saat mengetahui ketuban sudah pecah, bidan langsung dengan sigap memutar posisi istri dan memiringkannya ke bagian kiri. Perjuangan pun dimulai. Teknik melahirkan yang pernah baru saya lihat. Dengan melahirkan posisi miring ke kiri, lalu perut didorong dengan kedua telapan tangan bidan untuk membantu bayi keluar. Dan benar.. bayi kami lahir tepat pukul 07:35 WIB. Pagi yang melegakan penuh syukur. Alhamdulillah.

Tangisnya kencang, kulitnya putih kemerahan. Matanya sipit seperti sipit kebanyakan. Badannya bulat, bersih dan gempal. Masyaa Alloh. Bayi yang kami harap awalnya perempuan itu lahir dengan sehat walafiat, alhamdulillah.

Empat belas hari setelah kelahirannya, kemudian kami tunaikan haknya mendapatkan nama dan aqiqah bersamaan dengan Kakaknya. Doa melalui nama itu kami pilih, Muhammad II Ibrahim.

Nama Muhammad tetap menjadi pilihan kami. Tentu sama dengan kakaknya, kami berharap baginda Rosul saw. menjadi uswah dan rujukan bagi anak-anak kami. Kami ingin anak-anak kami mencintai Nabinya dan membelanya. Semoga kebaikan Nabinya menurun kepada kedua putera kami. Aamiin

Tapi ada yang unik, bukan hanya Muhammad, tetapi ada angka dua romawi (II) dibelakangnya. Ini yang menjadi unik dan memunculkan tanda tanya. Mulai dari pak RT, RW, kecamatan, hingga pencatat akta kelahiran di dinas catatan sipil keheranan. “Kok namanya pakai angka? Artinya apa?” Ini ngga lazim dan jarang terjadi. Tetapi, justru bagi kami – namanya Dede Ibrahim, panggilan kami untuknya – menjadi wasilah dakwah dengan menyampaikan maknanya.

Muhammad II adalah nama asli dari Muhammad Al Fatih putra dari Khalifah Murad II (824H). Buyutnya adalah Khalifah Beyazid I (796 H).

Ats-Tsani adalah seorang Khalifah pada masa kekhilafahan Turki Ustmani. Namanya terukir dalam sejarah dunia. Kekhilafahan sendiri bermakna kepemimpinan politik yang menaungi seluruh kaum muslimin diseluruh dunia dengan menjalankan syariah secara keseluruhan.

Ats-Tsani adalah penakluk konstantinopel yakni pada tahun 1453 pada usia 23 tahun. Penaklukan yang beliau torehkan merupakan perwujudan dari bisyaroh Nabi SAW dalam haditsnya.

Muhammad Ats-Tsani saat masih belia mendapat pembinaan khusus. Ia mendapatkan pengajaran dan pendampingan dari ulama besar kala itu. Salah satu gurunya adalah Syeikh Aaq Syamsuddin. Dari beliaulah Ats-Tsani kemudian tumbuh menjadi pemuda yang kokoh imannya, kuat ilmunya, dan terkenal ibadahnya yang sangat baik.

Prestasi remaja belia ini terlihat semenjak aqil baligh. Ia tidak pernah meninggalkan shalat tahajjud, shalat rawatib dan selalu menjadi imam. Ia yakin bahwa kelak ia adalah penakluk kotanya Heraklius, Konstantinopel.

Ia mampu menguasai tujuh bahasa, pandai memanah, menunggang kuda, menguasai strategi perang dan geopolitik, ilmu pemerintahan, militer, ilmu ushul fiqih, dan keyakinan diri yang membaja dalam hatinya bahwa ia adalah pemimpin terbaik yang pernah dijanjikan Rosul saw.

Peran gurunya sangat penting. Gurunyalah yang menanamkan keyakinan kepada Al Fatih kecil bahwa dialah penakluk konstantine. Inilah modal terbesar berupa keimanan yang kokoh.

***

Ibrahim, Pejuang Abi yang Shalih nan Berhati Lembut. Ketika Ibrahim membaca tulisan ini berarti Ibrahim sudah besar ya nak. Inilah catatan Abi dan Bunda untukmu. Sebagaimana sudah kami tuliskan pula untuk kakakmu, Khalid. Doa dan harapan kami: engkau menjadi PEJUANG SHALIH BERHATI LEMBUT sebagaimana Muhammad II Al Fatih. Doa ini semoga Alloh ijabah, muliakan dan Alloh ridhoi, aamiin.

Ibrahim, sifatmu yang lembut menjadikan engkau disayang setiap orang. In syaa Alloh.. Bersama keshalihan dan ketaqwaan, jadikanlah syariah selalu didepan matamu, mengalir dalam urat nadimu, berdetak bersama jantungmu, bersama dalam langkahmu, kuat dalam genggaman tanganmu. Kobarkanlah semangatmu dalam berjuang di jalan Alloh dengan memegang panji kemuliaan Islam.

Ditangan para pemuda-pemuda Islam, penaklukan-penaklukan dan tersebarnya Islam terjadi secara mendunia. Kini saatnya generasimu memimpin perubahan. Sesungguhnya cahaya perubahan itu semakin jelas terlihat, dan api perjuangannya semakin membara.

Teruslah berjuang jika engkau dihadapkan aral melintang di depanmu, bertemu dengan orang yang bermuka masam kepadamu, atau engkau mendapat gangguan yang membahayakan dirimu seperti engkau berada ditepian jurang. Yakinlah kepada pertolongan Alloh. Jadikan Alloh selalu dekat denganMu. Jadikan ridho Alloh sebagai tujuan hidupmu.

Semoga engkau termasuk Pejuang Shalih dan berkumpul dengan para shalihin di akhirat kelak. Semoga Abi dan Bunda dapat mendampingimu dan kelak bisa berkumpul kembali di surganya, aamiin.

Kota Akhlaqul Karimah, Tangerang 30 Juli 2016

Abi dan Bundamu

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: