//
selamat membaca...
Catatan Pribadi

3 Hari Pertama Khalid Sekolah

Anak pertama kami namanya Muhammad Khalid Ibrahim. Biasanya dipanggil Kaka Khalid dan engga mau dipanggil yang lain. Coba deh kalau ketemu dia panggil Dede Khalid, kemungkinan besarnya dia ngga nengok, atau dia protes.. Kaka Khalid, hehe..

Kaka, sapaan singkat ke anak saya yang suka banget dengan Cerita Nabi Ibrahim as, dan Kereta Thomas ini dua bulan yang lalu ikut abi dan bundanya ke Yayasan Al Fashih yang berada di Mutiara Pluit, Priuk, Tangerang. Yayasan yang menyelenggarakan pendidikan dengan nama Al Fashih Islamic School.

Saat berada di Yayasan itu dia tertarik dengan sekolah PAUD. Usia Kaka saat itu baru 3 tahun. Dan secara umum memang usia 3-4 tahun sudah mulai mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Umumnya 4 tahun baru masuk PAUD. Tapi, ternyata ngga dengan Kaka. Pulang dari Al Fashih, dia pengen banget sekolah, minta tas sekolah, minta buku, minta bolpen. Dan setiap ikut abinya ke Yayasan untuk Sila Ukhuwah dengan Pak Haji, dia bilang, “Kaka sekolah ya.. kok belum beli tas?” Hehe..

Akhirnya 2 bulan cukup bagi dia memantapkan diri masuk sekolah. Tepat usia 3 tahun 2 bulan dia masuk sekolah. Dan ternyata, dia paling kecil dan paling muda. Temen-temennya rata-rata lebih tua semua dari si Kaka.

Rabu, 27 Juli 2016

Ini hari pertama Kaka sekolah. Berangkat bersama Mbah Utynya dengan penuh semangat. Walaupun agak kesiangan, Kaka tampak gembira banget. Wajahnya berseri-seri (bahasa jawanya “bungah”). Wow.. Kaka kelihatan lebih bergairah dan antusias.

Hari pertama sekolah jadi hari paling berkesan. Benar saja. Mbah Uty ikut sekolah. Kaka didampingi full sampai Mbah Utynya mewarnai. Alhasil gambar Kaka rapih banget.. ngga kayak bikinan anak usia 3 tahun. 😛

Sepulang sekolah sekitar jam 10:30 sampai rumah cerita dari lisannya beraneka ragam cerita. Abi dan bundanya antusias mendengarkan ceritanya yang agak sedikit ngga kelas ucapannya – maklum masih 3 tahun.. susunan kalimatnya meloncat mengikuti imajinasi dan memori dia. Sesekali dibantu penjelasan Mbah Utynya dengan gelak tawa. Suasana pecah saat Kaka diminta maju memperkenalkan diri dan memegang mikrofon, dia cuma pegang mic sambil bengong tengok kanan dan kiri. Padahal kalau dirumah dia hafal banget, “Namaku Muhammad Khalid Ibrahim. Rumahku di Pondok Makmur. Jalan Durian Dua.” Dengan nada cedalnya yang khas 🙂

Kamis, 28 Juli 2016

Hari kedua sekolah. Kaka Khalid sudah punya tas baru. Tas yang dibelikan Mbah Utynya dengan tempat pensin berbentuk mobil balap, dan krayon plus buku menggambar menambah Kaka semangat sekolah. Terlebih ketemu temen-temennyang seru kayak Dara, Noval, Dion dan lainnya. Tas baru dan tempat bolpen yang unik itu dikerumunin. Tapi, dasar Kaka ngga mau kalah, diumpetin tuh semua alat tulisnya. 😀

Hari kedua tambah seru. Mbah Utynya kabur dan meninggalkan si Kaka sendirian. Ini dilakukan dengan sengaja. Selidik punya selidik ternyata si Mbah udah janjian sama Ibu Guru, agar anak mandiri. Akhirnya Mbahnya pulang.

Saat Mbahnya pulang, Abi dan Bundanya yang jemput. Selain juga mengurus administrasi dan pendaftaran yang belum tuntas. Punya cerita, Kaka nangis kejer. Sempet nyari Mbahnya. Tapi bu guru hebat bisa menenangkan Jagoan Abi ini.. cepet banget diemnya. Karena memang Kaka sering bilang, “Kaka kan Hebat!” 😀

Kami melihat banyak perkembangan anak pertama kami ini. Kaka menjadi lebih berani, aktif, dan makannya banyak banget. Jadi, badannya alhamdulillah lebih berisi. Entah faktor apa, tapi dia merasa menemukan teman baru, suasana baru dan tempat bermain baru. Hari-harinya kini penuh cerita yang “WOW…”

Jumat, 29 Juli 2016

Cerita lucu kembali terjadi. Awal mula berangkat dianter sama Mbah Kakungnya. Sampai di sekolah Kaka ngga mau masuk. Dia duduk disamping mbah Kakung. Karena memang didalam isinya Ibu dan Anak, ya jelas Mbah Kakung mungkin mau masuk kikuk. Akhirnya mereka pulang dan ketemu Mbah Utynya. Ceritanya, akhirnya Mbah Uty anter lagi ke sekolah sambil ketawa ketiwi, “Mbah Kakung ini gimana, antar anak sekolah kok dibawa pulang lagi?” Cerita beliau sambil tersenyum lebar.

Mbahnya lanjut cerita kalau si Kaka luar biasa. Saat bermain kereta manusia, dia berani jadi pemimpin paling depan. Mungkin dia inget kereta Thomasnya dirumah. Masyaa Alloh, kami mendengarnya bahagia. Kaka memimpin anak-anak lainnya yang rata-rata jauh lebih tua. Alhamdulillah. Jiwa leadershipnya kelihatan sejak dini.

***

Abi dan Bunda dimanapun, keberanian anak-anak memang harus terus ditumbuhkan dengan mentalitas juara. Sebagai muslim tentu kita ingin agar anak kita menjadi shalih dan shalihah. Nah, pendidikan itu pertama ada dirumahnya. Kami menyadari itu. Untuk itulah, tanpa henti sebagai orang tua semestinya kita terus belajar agar mampu mendidik anak-anak kita.

Sekolah yang baik bukan hanya mengajarkan Ilmu Dunia, tetapi Ilmu Agama yang utama. Menanamkan Aqidah Islam, membentuk kepribadian Islam, yakni agar si buah hati memiliki pola pikir dan pola sikap yang Islami. Juga mengajarkan Tsaqofah Islam, Ilmu, Sains dan Tekhnologi.

Namun, di era pendidikan yang materialistik saat ini begitu sulitnya mencari sekolah islami yang bagus dan terjangkau. Rata-rata dengan biaya mahal. Saking mahalnya, masyarakat medium kebawah tak bisa menjangkaunya. Jangankan sekolah, untuk biaya hidup saja mereka kesulitan. Ini yang ironi, rakyatnya susah di negeri penghasil emas No. 3 di dunia ini. Wallohua’lam.

Selamat Mendidik Anak dengan Totalitas

Abi dan Bunda Khalid,
Prio Agung Wicaksono
Eka Rizki Indriyani

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: