//
selamat membaca...
Catatan Pribadi

People Magnet

​Setiap orang memiliki ciri khas masing-masing. Alloh sebagai Sang Pencipta manusia mendesain dengan sedemikian rupa. Desainnya yang luar biasa, sampai-sampai tidak ada satu pun manusia di bumi ini yang persis sama. Semua berbeda satu sama lainnya. Masyaa Alloh. Ini adalah bukti bahwa Alloh Maha Pencipta, Maha Kreatif, Maha Dahsyat.

***

Sahabat Muda, pernahkan bertemu dengan orang yang selalu dinanti-nantikan kehadirannya oleh kebanyakan orang? Hingga kedatangannya pun sudah terjadwal, yang mau bertemu dengannya pun harus memiliki izin khusus, atau bahkan harus memiliki tiket untuk sampai bertemu dan melihatnya? Ya. Mereka ada. Mereka tidak sebanyak manusia kebanyakan. Alias mereka langka. Mereka kemudian yang saya sebut sebagai magnet orang (People Magnet).

Apa yang membedakan antara magnet orang dengan orang pada umumnya? Mengapa kok magnet orang begitu dinanti dan dicari-cari? Inilah yang akan kita coba diskusikan.

Apa yang Menjadi Magnet?

Seseorang yang memiliki daya tarik magnet ibarat gula yang dikerumuni oleh segerombolan semut. Semut mencari dan mencium aroma manis yang pada akhirnya membuat gula sangat menarik bagi si semut. Semut mendapatkan apa yang ia cari. Dan semut selalu akan mencari hal serupa, semua yang manis atau apa pun yang menurut dia menarik.

Gula memiliki nilai (value) yang berarti bagi semut. Demikian juga gula memiliki manfaat (benefit) yang dicari-cari oleh semut. Maka, tak heran semut sampai mengajak seluruh ‘keluarganya’ secara bergerombol menyerbu dimana pun ada gula. “ADA GULA. ADA SEMUT.”

Value dan Benefit

Gula memiliki value dan benefit yang dicari oleh semut. Sehingga seseorang yang memiliki value dan benefit yang dicari oleh orang lain, maka sejatinya ia menjadi gula bagi orang lain. Ia akan dicari dan dinanti.

Seorang ahli kunci, akan dicari oleh orang yang kehilangan kunci karena ahli kunci memiliki value dan benefit yang dibutuhkan. Demikian juga dengan ahli terjemah bahasa asing akan dicari oleh mereka yang membutuhkan komunikasi bahasa asing. Juga mereka yang memiliki keahlian mengobati, baik itu dokter gigi, dokter gizi, dokter kandungan, dokter anak, dokter spesialis lainnya akan diburu oleh pasien sesuai value dan benefit yang dicari oleh pasien.

Value dan benefit yang melekat kuat kepada seseorang menjadikan dirinya dikenal sebagai expert / ahli. Menjadi seorang spesialis adalah salah satu jalan untuk menjadi seorang ahli dibidang tertentu. Dengan menjadi seorang yang ahli ibarat menjadi gula yang dicari-cari oleh semut. Ia memiliki daya tarik magnet yang kuat bagi orang lain.

Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki value dan benefit, maka ia menjadi orang biasa kebanyakan. Tak memiliki daya tarik magnet menyebabkan dirinya tidak dicari dan dinanti. Inilah yang membedakan antara orang memiliki daya tarik magnet (People Magnet) dengan orang biasa kebanyakan. VALUE & BENEFIT.

Fokus Menjadi Ahli/ Expert

Seorang aktivis dakwah yang memiliki keahlian dalam mengajak khalayak ramai untuk berkumpul dan menyampaikan dakwahnya, maka ia memiliki kesempatan menyampaikan dakwahnya dengan leluasa.

Semakin ahli seorang aktivis dalam berdakwah, baik dalam konten materi ataupun dalam penyampaian konten dakwah menjadikan dirinya memiliki daya tarik magnet yang kuat. Sebut saja beberapa tokoh yang sahabat kenal. Pastilah tokoh itu memiliki value dan benefit yang besar bagi orang lain; bisa dari materi dakwahnya, gaya komunikasinya yang menarik dan ciri khasnya.

Lantas, value dan benefit apa yang ditawarkan aktivis dakwah agar mad’u mereka seperti semut yang mengerumuni gula? Jawaban saya mengarah kepada satu kata, yakni Islam. Ya.. Islam.

Islam memiliki value dan benefit yang luar biasa besar. Jika Islam diterapkan secara menyeluruh, maka Islam mampu menunjukkan value dan benefit yang sangat besar. Akan tetapi, jika Islam tidak diterapkan secara menyeluruh, lalu value dan benefit apa yang akan didapatkan?

Konsep Islam yang menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, baik itu aspek politik, aspek ekonomi, aspek sosial, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek hukum, aspek muamalah, aspek pergaulan dan sebagainya adalah satu kesatuan value dan benefit yang pasti akan dirasakan sepenuhnya jika Islam diterapkan secara totalitas, tidak setengah-setengah.

Ahli/Expert pada Bidang Tertentu

Aktivis dakwah yang fokus kepada konten materi tertentu dan target dakwah tertentu secara fokus akan bertumbuh lebih cepat dan terukur. Berbeda dengan mereka yang menyasar semua target dakwah. Karena tidak ada fokus dan  sasaran dakwah yang tertarget, maka sulit untuk diukur tingkat keberhasilannya.

Berhasil atau tidak memang wilayah Alloh. Inilah yang kemudian disebut Hidayah Taufiqiyah. Hidayah yang diperoleh oleh manusia atas izin Alloh SWT. Namun, kita ingat bahwa manusia juga memiliki Hidayah Kholqiyah, yakni hidayah berupa akal yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hidayah ini membutuhkan penjelas agar ia memiliki standar baik dan buruk secara benar, yakni Syariah Islam. Inilah wilayah dakwah yang disentuh agar target dakwah menerima dakwah Islam. In syaa Alloh. Wallohua’lam.

Salam,
Prio Agung Wicaksono

Advertisements

About Couplepreneur - Blogger

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: