//
selamat membaca...
Catatan Pribadi, Mompreneur, Tips Bisnis untuk Pemula

Bagaimana Cerita Usahanya Diliput Media?

Beberapa bulan yang lalu memang merupakan bulan yang cukup spesial. Karena dibulan-bulan itu, kami mendapat kunjungan dari benerapa media untuk meliput usaha kami.

Media yang dimaksud adalah media cetak seperti koran, majalah dan media elektorik seperti televisi dan media online.

Nah, lho. Kok bisa media sampai meliput usaha kami? Memang apa yang diliput?

Berawal dari media televisi lokal, namanya DAAI TV. Media lokal dengan basis penonton etnis tionghoa yang bermarkas di Pantai Indah Kapuk ini memang sedang bertumbuh. Melalui dua programnya kala itu, yakni pertama program House & Living.

Program yang dibawakan oleh artis kenamaan Deasy Novianty ini sempat dua kali meliput usaha craft milik kami dibawah brand RumahBalqis. Untuk melihat aneka dan produk dan suasana liputan, sahabat bisa klik menu Felt Craft Spesialist pada web ini http://www.rumahbalqis.id

Setelah dua kali pengambilan gambar distudio kecil kami, ternyata tivi program kreatif ini mengajak kami sampai syuting distudio miliknya dengan nama program baru, yakni Griya Kreasi. Sebuah program khusus ibu-ibu yang kreatif, bisa mengubah barang-barang bekas menjadi nilai kreatifitas dan nilai jual tinggi.

Suasana syuting distudio agak berbeda. Pertama krunya lebih banyak. Kedua, perlengkapan lebih lengkap, juga suasana studio televisi memang khas begitu. Kami dikenalkan beberapa istilah, seperti baca script, hafal naskah, taping, dan suasana bagaimana cara syuting.

Kemudian selain media televisi, beberapa kesempatan kemudian giliranan media lokal SatelitNews yang berkunjung kerumah. Koran dari grup Koran Banten ini beroperasi lokal Tangerang. Oplahnya masih terbilang cukup sedikit, belum kategori besar. Tetapi, mereka sangat aktif mencari berita. Khususnya pada rubrik Womenpreneur.

Koran ini tertarik untuk meliput usaha Jas Hujan Muslimah Sheba. Usaha ini terbilang cukup unik. Sisi uniknya ada pada desain jas hujannya yang menyerupai gamis, modelnya yang stylish dan bahannya yang unik.

Sisi unik itu pula yang mengantarkan Majalah Nasional UMMI sampai jauh dari Jakarta Pusat untuk datang ke rumah khusus meliput Jas Hujann Muslimah Sheba. Majalah yang beroperasi tingkat nasiona ini rupayanya punya rubrik khusus tentang muslimah dengan usaha kreatifnya sekaligus membuka peluang usaha bagi lainnya. Sisi inilah yang menjadi daya tarik mereka meliput. Untuk melihat hasil liputan sahabat bisa klik pada menu Sheba di link berikut ini http://www.rumahbalqis.id

Ada beberapa pelajaran menarik dan sekaligus menjadi tips khusus bagaimana agar usaha kita diliput media.

1. Media mencari ide unik. Bagaimana usaha dapat menawarkan value yang berbeda dari produk yang diciptakan. Ide yang unik dan differensiasinya kami lihat menjadi faktor utama mengapa media meliput usaha.

2. Produsen dan pemilik brand. Media ternyata suka meliput usaha walaupun itu skala kecil, bahkan hanya level usaha rumahan. Jadi jangan khawatir, justru media memiliki komitmen membantu para UKMers untuk maju dan berkembang.

3. Akrab dengan media. Keberadaan UKMers di media sosial dan internet menunjukkan eksistensi keberadaannya. Informasi usaha kita yang cukup, memberi kesempatan para pencari berita meliput dan mewawancarai.

4. Mencari story dibalik produk/brand. Ini yang terkadang tidak mendapat perhatian para UKMers, padahal ini menjadi semacam pertanyaan wajib bagi wartawan. “Bagaimana cerita awal usahanya?”. Jawabannya tentu bukan jawaban yang asal apalagi sampai ngarang cerita. Karena cerita yang original dan mempunya ciri khas yang akan menjadi daya tarik tersendiri. Mungkin mulai sekarang, sahabat mulai bebenah diri mulai bagaimana menyusun cerita yang bagus sehingga selling pointnya dapat.

5. Penjualan meningkat. Dengan usaha diliput media, secara ngga langsung brand awareness usaha kita ikut naik. Orang makin percaya tentang keberadaan usaha kita. Apalagi usahanya berbasis online. Calon customer merasa tambah yakin saat mengetahui bahwa usahanya pernah diliput media. Ini tentu membuat keputusan membeli konsumen semakin kuat. “Kenapa ngga beli, ini terpercaya kok? Media sudah meliput?” Nah kira-kira seperti itu.

Baiklah saya pikir cukup itu dulu. Semoga ada manfaatnya.

Semoga BERKAH
Prio Agung Wicaksono

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: