//
selamat membaca...
Catatan Pribadi

Sobat Muda, Impianmu Sudah Terwujud?

Oleh: Prio Agung Wicaksono

Bismillah, alhamdulillah, ngga terasa Ramadhan sudah memasuki hari ke 16. Itu artinya sudah setengah bulan Ramadhan tahun ini kita lewati. Mungkin ada yang menyesal karena merasa kurang maksimal ibadahnya. Nah, mumpung masih ada waktu – ngga tau soal ajal- Ramadhan tinggal 14 hari lagi. Yuk Maksimalkanlah!

Sob, sebelum saya mulai sharing kita kali ini, terlebih dahulu saya ingin bertanya kepada sobat muda semua.

Apakah sobat muda punya impian?

Jika sobat muda belum punya impian, maka tentukanlah impian terlebih dahulu, karena tulisan ini akan ngefek ke mereka yang sudah punya impian tapi belum juga terwujud.

Nah.. sudah ketemu impiannya apa?

Baiklah.. kalau sudah memiliki impian, kita mulai sharingnya ya.

Pertama, saya akan sharing hal yang praktis dan langsung bisa dipraktikkan. Artinya, bukan sekedar teori, tapi cara praktis agar impianmu segera terwujud, ngga pake lama. In syaa Alloh. Aamiin

Kedua, setelah dapat sharing kali ini mohon untuk segera dilakukan. Jika mau langsung dapat efek sampingnya. Kalau ngga langsung paktik, ya sayang banget cuma jadi pengetahuan tanpa amal.

Ketiga, yakinlah dengan apa yang kamu lakukan. Tanpa keyakinan, usahamu sia-sia saja, kalau ngga percaya, buktiin aja.

YAKINI JANJINYA

Selalulah yakin dalam diri tentang dalil berikut ini,

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Mu’min:60)

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS Ar Rad (13): 11

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Jangan pernah berprasangka buruk pada Allah, “Sesungguhnya Allah berfirman: “Aku sebagaimana prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku.” (HR. Turmudzi)

يُسْتَجَابُ لأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُوْلُ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِيْ

Dikabulkan doa seseorang dari kalian selama ia tidak buru-buru,(dimana) ia berkata : ”Aku sudah berdoa namun belum dikabulkan doaku” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 5981 dan Muslim no. 2735].

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَتَأْمُرُنَّ بِاْلمَعْرُوْفِ وَلْتَنْهَوُنَّ عَنِ اْلمُنْكَرِ أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَاباً مِنْهُ ثُمَ تَدْعُوْنَهُ فَلا يُسْتَجَابُ لَكُمْ

Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2169, Al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah 14/3453, dan Ahmad no. 23360. At-Tirmidzi berkata : “Hadits ini hasan”].

Dalil ini adalah modal dan sekaligus pengingat bagi kita, apakah impian segera terwujud atau justru ngga akan terwujud.

Setelah yakin kepada janjiNya, lakukan yang kedua:

PRAKTIKKAN SEBAB AKIBATNYA

Terwujudunya impian adalah hasil/akibat dari sebab-sebab yang kita lakukan terhadap impian dan atas kuasa Alloh SWT mewujudkannya.

Karena kita sudah yakin Alloh maha mengabulkan doa dan usaha, maka selanjutnya:

1. SPESIFIKKAN IMPIANMU
Makin jelas dan spesifik, memungkin bakal terwujud lebih cepat. Cobalah praktikan dalam kasus mencari sebuah alamat. Bagaimana jadinya jika alamat yang hendak dituju itu ternyata tidak spesifik, apakah cepat sampai atau justru bingung, akhirnya tanya sana tanya sini, karena alamat ngga spesifik? Ya susah orang nunjukin, iya apa iya?

Beda kasusnya kalau alamat spesifik. Jika tanya dan minta bantuan orang pun akan segera sampai. Syaratnya bertanya ke orang yang tepat. Begitu juga impian, perjelaslah dan spesifikkan.

2. FOKUS SATU IMPIAN
Kalau kamu sibuk mengejar dua kelinci dalam satu waktu, maka bisa dipastikan tidak ada satu pun kelinci yang berhasil kamu tangkap. Betul apa betul banget? So, fokuslah mengejar satu impian, hingga terwujud, baru kemudian menuju impian kedua dan seterusnya.

Dan fokuskanlah pada kekuatanmu.

3. GUNAKAN PENGUNGKIT
Fungsi pengungkit tentu adalah membuat beban terasa menjadi ringan. Jika impianmu besar, maka gunakanlah pengungkit. Apa pengungkitnya? Pengungkitnya adalah skill atau para praktisi menyebut valensi, yakni ketrampilan diri yang bentuk beraneka macam. Seperti keahlian berbicara, negosiasi, selling, mempengaruhi, bisnis, olahraga, dan dalam bidang lainnya.

4. JAGA HABBITMU
Memiliki habbit atau kebiasaan yang baik akan memudahkanmu memiliki skill yang keren. Coba kita perhatikan, bagi orang ahli, melakukan sesuatu dengan mudah walaupun menurut kita sulit. Mereka yang punya habbit, sangat dekat dengan terwujudnya impian.

Habbit dan skill bisa dikuasai dengan rumus = practice + repetition

Makin banyak latihan dan terus diulang-ulang maka akan menjadi ahli. Begitu para ahli mempraktikkanny.

5. KERJA CERDAS
Bukan sekedar kerja keras, gunakanlah strategi, pola yang sudah teruji dan tiru bagaimana orang yang sukses mewujudkan impiannya. Dengan tahu pola sukses kesempatan kita sukses lebih besar.

Tahu Pola Sukses = Sukses
In syaa Alloh.

Nah, bagaimana, panjang ya?
Saya sarankan menyatukan tulisan yang panjang tadi dengan satu kata saja, singkat: ACTION!

SELAMAT MEWUJUDKAN IMPIAN 🙂

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: