//
selamat membaca...
#YukNgaji

Kajian Remaja Islam Spesial Ramadhan Bersama Prisma

Dear Remaja Islam,
Mari duduklah bersama kami disini sebentar, menikmati seteguk ilmu yang membasahi tenggorokan hidupmu, agar kamu ngga kehausan.

image

Mungkin duduk dua jam di majelis yang disaksikan oleh tujuh puluh ribu malaikat ini terasa lama dan membosankan dibandingkan dengan stick yang kamu pegang untuk memainkan winning eleven, dan game lainnya digadget barumu.

Tapi, sini saya bisiki. “Apa kamu mau kalau hidupmu bakal susah karena tak memiliki ilmu? Mungkin saat ini kamu bersusah payah mencari ilmu, lakukan saja. Karena
Hidup tanpa ilmu itu lebih menyusahkan.”

Mungkin kupingmu akan terasa “panas”, hatimu berontak dan pantatmu gusar ingin segera beranjak dari tempat dudukmu. Ya. Itu adalah hakmu. Tapi, ingatlah. Kita belajar bukan saja apa-apa yang kita ingin dengar saja. Tetapi, apa-apa yang harus kita dengar juga perlu kita simak. Mengapa? Karena bisa jadi yang ngga ingin kita dengan justru itu lebih baik bagimu.

Benci Padahal Sebenarnya itu Baik

Saya ingin ambil satu contoh dari ayat al-quran berikut ini, simak baik-baik ya..

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Ibnu Katsir menyatakan, “Hal di atas “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu”; itu berlaku untuk semua perkara. Boleh jadi manusia menyukai sesuatu, padahal tidak ada kebaikan dan maslahat sama sekali di dalamnya. ”

Ibnu Katsir menyatakan lagi dalam kitab tafsirnya, “Allah yang mengetahui akhir sesuatu dari perkara kita. Allah yang mengabarkan nantinya mana yang maslahat untuk dunia dan akhirat kita. Maka lakukan dan patuhlah pada perintah-Nya, niscaya kita akan mendapatkan petunjuk.”

Ini menunjukkan pada kita bahwa perbuatan yang kita lakukan butuh standar baik, benar, tepat yang itu datang dari Dzat yang Maha Baik, Maha Benar dan Maha Tepat. Mustahil jika mengharap kepada selain daripadaNya.

Maka, tinggalkanlah yang udah jelas-jelas buruk menurut Alloh dan segera kerjakanlah yang baik menurut Alloh. Itu aja.

Tinggalin pacaran dan segerakan ta’aruf, tinggalin khalwat dan segerakan nikah, tinggalin maksiat, segerakan taubat. Tutup auratmu, sebelum kain kafan memaksamylu berhijab syar’ie.

Yuk, Kunjungi majelis ilmu yang kan menguatkanmu meniti jalan hijrah.

Ikuti telegram @KajianRemajaIslam

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: