//
selamat membaca...
#YukNgaji

Kajian 2 Pekanan: Memahami Metode Ijtihad

Sudah hampir seabad lamanya Kaum Muslimin hidup tanpa adanya pelindung ummat, penjaga aqidah, yakni Khilafah Islam. Runtuhnya Khilafah Turki Utsmani tahun 1924 M adalah akhir dari kekhalifahan Islam dibawah Khalifah Sultan Abdul Hamid II. Sejak saat itu, ummat bercerai berai menjadi puluhan negara bangsa (nation state) yang tak berdaya.

Keruntuhan kekhilafahan Islam di Turki kala itu ditandai dengan mundurnya pemahaman umat Islam terhadap Islam (mafahim). Pemahaman yang rendah dan sekaligus matinya ijtihad ditubuh kaum muslimin menjadikannya bingung memilah mana tsaqofah barat dan mana ilmu dari barat yang boleh diambil.

Kaum muslimin kala itu bingung membedakan mana itu hadlarah barat (produk pemikiran barat) dan mana madaniyah (produk teknologi) yang khas dan umum yang boleh diasopsi oleh kaum muslimin.

Akibat kemunduran berfikir dan tertutupnya pintu ijtihad inilah yang menjadi penyebab runtuhnya kekuasaan Islam 92 tahun silam.

Kini, ditangan para pemudalah cahaya Islam kan kembali bersinar. Yuk ngaji bersama untuk membangkitkan ummat untuk yang kedua kalinya.

image

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: