//
selamat membaca...
Hadits Pilihan

TAMASYA KE NEGERI SURGA (Bagian 2)

📜 TAMASYA KE NEGERI SURGA (Bagian 2)

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين, أما بعد:


📢 Saudara dan Saudariku yang dirahmati Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

📃 Surga merupakan sebuah kenikmatan yang sangat besar yang hanya Allah berikan kepada setiap hambanya yang beriman dan beramal shalih. Surga merupakan tempat kembali yang indah dan sangat dinantikan oleh setiap orang yang beriman.

📌 Dalam pembahasan sebelumnya kami telah menyebutkan poin 1 s.d 6 tentang gambaran-gambaran surga. Insya Allah pembahasan terakhir ini kita lanjutkan penjelasan gambaran surga, sebagaimana yang telah diterangkan oleh Allah di dalam Alquran, oleh Rasulullah di dalam hadits-hadits beliau, dan beberapa keterangan dari para salafush shalih:

7⇨ Peraduan di dalam surga.

▷ Para penghuni surga berada di atas peraduan-peraduan yang indah lagi nyaman, Allah Subhanahu wa Ta’ala
berfirman,

مُتَّكِئِينَ عَلَى سُرُرٍ مَّصْفُوفَةٍ وَزَوَّجْنَاهُم بِحُورٍ عِينٍ

“Mereka bertelekan di atas peraduan-peraduan yang berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik ber-mata jeli.” (Ath-Thur: 20).

8⇨ Tahta di dalam surga yang sangat indah dengan sandaran yang sangat nikmat.

▷ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

أُوْلَئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ اْلأَنهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى اْلأَرَائِكِ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا أُوْلَئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ اْلأَنهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى اْلأَرَائِكِ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka Surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas tahta yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (Al-Kahfi: 31).

9⇨ Busana di surga adalah busana yang terbuat dari sutera.

▷ Dimana ketika kita berada di dunia, memakai sutera adalah larangan keras dari Rasulullah bagi kaum laki-laki dan diperbolehkan bagi kaum wanita, tetapi di surga nanti, keharaman memakai sutera terhapus dan penghuni surga akan mengenakannya kelak dan baju-baju tersebut tidak akan usang selamanya.

▷ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

يَلْبَسُونَ مِن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَقَابِلِينَ

“Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan.” (Ad-Dukhan: 53).

▷ Dan baju-baju itu indah menawan, sapu tangannya pun jika dibandingkan dengan pakaian terindah di dunia, maka sama dengan busana-busana para raja, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat al-Bukhari, bahwa sapu tangan di surga itu lebih indah daripada busana raja-raja.

10⇨ Buah-buahan di surga.

▷ Buah-buahan segar yang sangat amat nikmat, kelezatannya tiada tara dan terus berbuah tiada pernah habis sepanjang masa, merendah dekat sekali, mudah untuk dipetik oleh penduduk surga yang berjalan-jalan berkeliling surga sambil memetik buah-buahan yang mereka lewati di tepi-tepi jalan-jalan surga. Satu biji anggurnya saja andaikan dimakan oleh penduduk bumi dan langit, tetap tidak akan habis.

▷ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا

“Buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa.” (Ar-Ra’d: 35).

11⇨ Pohon-pohon di surga.

▷ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya, “Kedua surga itu mempunyai pepohonan dan buah-buahan.” (Ar-Rahman ; 48)

▷ Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya), “Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas.” (Al-Waqi’ah: 28-30).

▷ Imam al-Bukhari dan Muslim mengeluarkan sebuah hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam, bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pohon, bila seorang pengendara menempuh perjalanan di bawah teduhannya selama seratus tahun, ia masih belum melewatinya, bacalah ayatnya jika kalian mau, (dan naungan yang terbentang luas).” (HR. al-Bukhari 3252, Muslim 2826).

▷ Di dalam Sunan at-Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam bersabda, “Dan pangkal-pangkal batangnya dari emas.” (HR. at-Tirmidzi 2525)

12⇨ Sungai-sungai di surga.

▷ Sungai-sungai itu mengalir di bawah istana-istana, kamar-kamar dan taman-taman. Mengalir dari atasnya yaitu Arasy Allah Yang Maha Pengasih, mata air dan air mancur yang memancar.

▷ Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam bersabda,

سَيْحَانُ وَجَيْحَانُ وَالْفُرَاتُ وَالنِّيْلُ كُلٌّ مِنْ أَنْهَارِ الْجَنَّةِ.

“Saihan, Jaihan, Eufrat, dan Nil, semuanya dari sungai-sungai surga.” (HR. Muslim 2839).

13⇨ Istri-istri di surga.

▷ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجُُ مُطَهَّرَةُُ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah: 25).

▷ Sedang istri-istrinya yang Mukminah, yang shalihah, yang berasal dari dunia akan menjadi paling jelita, paling anggun lagi mempesona di antara para bidadari di atas, sebagaimana hadits dari Ummu Salamah radiyallahu ‘anha, yang diriwayatkan oleh Muslim.

14⇨ Kendaraan di surga.

▷ Abdullah bin Umar radiyallahu ‘anhuma menerangkan, “Kuda-kuda dari Yaqut merah yang bisa terbang ke mana saja dan setiap kendaraan atau hewan-hewan pilihan yang mengagumkan.”

15⇨ Pasar di surga.

▷ Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam bersabda, “Di surga ada pasar, mereka mengunjunginya setiap Jumat, kemudian angin utara bertiup menerpa wajah dan busana mereka, maka menambah kegagahan dan ketampanan mereka, mereka pulang, dengan kondisi yang semakin tampan dan rupawan, keluarga mereka menyambut mereka dan berkata, ‘Demi Allah, betapa bertambah tampan dan rupawan Anda!’ Mereka pun membalas, ‘Demi Allah, kini kalian pun bertambah cantik dan rupawan’.” (HR. Muslim 2833 dari Anas radiyallahu ‘anhu).

📃 Itulah sekelumit gambaran surga yang sangat indah nan mempesona, yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak terdengar oleh telinga, tidak teraba oleh indra kita yang lemah ini dan tidak pula pernah terbetik di hati seorang hamba sekalipun.

📌 Masih banyak sekali keindahan-keindahan surga yang tidak dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, semoga saja dengan gambaran-gambaran yang telah disampaikan tadi dapat memberikan motifasi kepada kita semua untuk selalu berlomba-lomba mendapatkannya.

🔊 Akhirnya, marilah kita memohon kepada Allah, semoga kita sekalian, bersama anggota keluarga kita, masyarakat Muslimin dan para pemimpin kaum Mukminin dicatat oleh Allah Subhanahu wa Ta’alasebagai calon penghuni surga, yang merupakan cita-cita akhir tempat kembali kita. Amin, ya Rabbal Alamin, kenikmatan puncak yang tiada terbayangkan. [Artikel Khotbah Jumat]

👆 Ya Allah teguhkanlah kami di atas iman dan amal shalih, hidupkan kami dengan kehidupan yang baik dan sertakan diri kami bersama golongan orang-orang yang Beriman.

والله أعلم. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

📝 Editor : Admin
🔁 Dipublish ulang oleh Permata Sunnah
_________________________________________

♻ Silahkan disebar kiriman ini, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah serta memudahkan jalan kita semua menuju Surga… Aamiin, Jazakumullahu Khairan

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: