//
selamat membaca...
#YukNgaji

Nasihat Sahabat: Cinta dibayar Cinta

قال عبد الله بن مسعود رضي الله عنه: إذا صحبت أحدًا، فلا تسأل عن مودته لك، ولكن انظر ما في قلبك له ونفسك، فإن ما عندك مثل الذي عنده على حد سواء
Ibn Mas’ud radhiya-Llah ‘anhu bertutur, “Jika engkau bersahabat dengan seseorang, maka jangan bertanya tentang kadar cintanya kepadamu. Tapi, lihatlah apa yang ada di dalam jiwa dan hatimu kepadanya. Karena apa yang ada dalam hatimu, begitulah apa yang dalam hatinya. Sama.”

******

Kita sering menuntut untuk disayangi, atau dicintai sahabat kita, begitu juga pasangan hidup kita. Tapi, kita sendiri tidak pernah memberikan cinta kepadanya untuk mendapatkan cinta yang sama darinya.

Jika Nabi saw. begitu luar biasa cintanya kepada Khadijah ra, hingga setelah wafat pun cintanya tak tergantikan, bahkan dalam satu riwayat, Nabi sampai sanggup mendirikan tenda bermalam di atas kubur Khadijah saat Penaklukan Kota Makkah, itu karena Khadijah telah memberikan cintanya, kasih sayang dan seluruh jiwa dan raganya untuk kekasihnya, Muhammad saw.

Kata Nabi, “Fakama tadinu tudanu [sebagaimana engkau berikan pinjaman, begitulah engkau akan dibayar]”. Begitulah kehidupan. Kita tidak mungkin mendapatkan bayaran dari apa yang tidak kita berikan. Cinta akan dibayar dengan cinta. Kebencian akan dibayar dengan kebencian..

Alangkah indahnya hidup kita, saat dipenuhi dengan cinta. Semoga kita bisa merengkuhnya..

11 Muharram 1437 H/24 Oktober 2015
KH Hafidz Abdurrahman
Khadim Majelis Syaraful Haramain

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: