//
selamat membaca...
Artikel Pilihan

Catatan Seorang Guru: #IndonesiaKitaTerancam

#IndonesiaKitaTerancam …

(Catatan Iis Nawati, Guru PPL Fisika SMAN 1 Cimahi, iis.nawati2301@gmail.com)

BANYAK orang yang tidak tahu atau mungkin pura-pura tidak tahu bahwa negeri kita Indonesia saat ini dalam keadaan terancam. Bagaimana tidak? Indonesia kini berada dalam dua ancaman yang sangat besar, yaitu neoliberalisme dan neoimperalisme.

Menurut Luthfi Afandi, SH., MH, “Neoliberalisme adalah paham yang menghendaki pengurangan peran negara dalam ekonomi. Pengurangan peran negara ini dilakukan melalui privatisasi dalam berbagai sektor publik,seperti migas, listrik, kesehatan, dan sebagainya.”

Maka tidaklah mengherankan pemerintahan baru saat ini begitu ngotot untuk mencabut subsidi BBM dan menyerahkannya pada mekanisme pasar dunia. Tidak itu saja, neoliberal ini terlihat pula dari lepasnya peran pemerintah dalam masalah kesehatan warga negaranya. Atas nama “jaminan sosial” kini rakyat dipalak untuk membayar iuran kesehatan Tidak habis penderitaan rakyat dengan menjulangnya harga-harga makanan, pembiayaan pajak yang semakin membengkak. Itulah ancaman neoliberalisme yang akan menyengsarakan rakyat Indonesia.

Ancaman kedua berupa neoimperalisme, yaitu berupa penjajahan gaya baru. Jika dulu Indonesia dijajah secara fisik 350 tahun oleh korporasi dari Belanda dengan rempah-rempahnya. Kini penjajahan datang dengan lebih cantik dan cerdik, para pemilik modal menjarah kekayaan Indonesia melalui UU – misalnya UU Migas- yang tidak sekadar mengambil “rempah-rempah” tapi leluasa mengambil segala jenis logam dan migas dan sumber daya alam lainnya. Lalu bagaimana nasib rakyat?

Lagi-lagi rakyat hanya bisa menjerit, kekayaan alam yang melimpah tidak bisa dinikmati oleh rakyat. APBN senantiasa membengkak karena tidak ada pemasukan. Alhasil jadilah negara ini seperti vampir yang menghisap “darah” rakyat dengan pajak yang sangat besar.

Maka di sini perlu ada perubahan, perubahan tidak akan terjadi jika bukan kita sendiri yang meminta perubahan itu. Perubahan yang hanya sekadar pergantian rezim tidak berarti apa-apa karena hanya sekedar berganti aktor sedangkan skrip yang mesti diperankan dari sang sutradara tetaplah sama.

Perubahan yang harus disuarakan di sini adalah perubahan mendasar. Perubahan yang akan mencabut dua ancaman neoliberalisme dan neoimperalisme yang lahir dari sistem demokrasi-kapitalisme yang diterapkan di negeri ini. Perubahan ini tentu bukan hanya sekedar hawa nafsu belaka yang menginginkan kesejahteraan dan keterbebasan dari kesempitan hidup.

Namun perubahan ini adalah perubahan yang telah dibimbing oleh wahyu dari sang Pemilik langit dan bumi, Allah swt. Allah menurunkan Islam sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia, Bahkan Allah telah menyatakan dengan tegas dalam FirmanNya bahwa Islam diturunkan sebagai rahmat bagi semesta alam. Pertanyaannya, masihkah kita angkuh untuk tidak menerima wahyu ini? cukuplah firman Allah ini menjadi tamparan keras bagi kita semua, “Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih daripada (hukum) Allah bagi oang-orang yang yakin?” (Q.S Al-Maaidah : 50).

Maka satu-satunya jalan untuk keluar dari ancaman ini adalah kembali menegakkan hukum-hukum Islam di muka bumi, terlebih di negeri Indonesia sebagai negeri mayoritas muslim terbesar di dunia. Tentu hukum-hukum Islam ini tidak mungkin dan tidak akan pernah bisa terlaksana dalam sistem demokrasi-kapitalisme yang lahir dari pemikiran manusia yang lemah dan terbatas.

Namun hukum Islam (syariah Islam) hanya akan bisa diterapkan dalam satu bentuk pemerintahan yaitu Khilafah Islamiyah,. Khilafahlah yang semestinya dipahami dan diterapkan oleh masyarakat, karena khilafah adalah sistem pemerintahan yang diwahyukan oleh Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat untuk menerapkan Islam dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga Allah akan melimpahkan keberkahan dari langit dan bumi ( Q.s. Al-Araf :96). Wallahualam. []

5 Mei 2015

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: