//
selamat membaca...
#YukNgaji

Ikhlas dalam Keterpaksaan

Dalam fragmen perang Ahzab bahwa ‘terpaksa’ Hudzaifah melaksanakan perintah Rasulullah Saw. untuk melakukan aksi pengintipan terhadap kemah Abu Sufyan. Dalam kondisi musim dingin yang amat sangat, yang bisa membuat seseorang tercegah untuk keluar rumah, tapi karena demi melaksanakan perintah Rasulullah Saw, maka Hudzaifah pun pergi. Seandainya ikhlas itu diukur dengan “rela-suka”, maka bisa jadi Hudzaifah tidak melaksanakan perintah Rasulullah Saw..

Atau ketika Hudzaifah sudah sampai di perkemahan Abu Sufyan, sebenarnya dia bisa memilih untuk membunuh secara langsung Abu Sufyan, karena memang pengintaiannya tidak diketahui siapapun dan pada posisi yang strategis. Dan sepulang dari membunuh Abu Sufyan, maka nama Hudzaifah jadi terkenal karena membunuh salah satu gembong musyrikin, seorang diri.

Tapi itu semua tidak dipilih untuk dilakukan oleh Hudzaifah, disamping memang perintah dari Rasulullah Saw, hanya untuk mengintai. Itu menjadi bukti bahwa Hudzaifah melakukan perintah itu karena ikhlas, semata-mata karena Allah.

Ibrah yang lain tentang keikhlasan bisa kita peroleh dari Khalid bin Walid, ketika dipecat sebagai panglima perang. Khalidsebelum masuk islam, dia salah satu pemimpin pasukan Quraisy yang memporak-porandakan pasukan kaum muslimin di UHUD.Stlh muslim , dia pun menjadi pemimpin pasukan Islam yang tak terkalahkan.

Prestasinya mulai nampak ketika memimpin pasukan pada perang Mu’tah. Ketika itu ia menggantikan tiga panglima perang yang berturut-turut gugur sebagai syahid. Dengan setrateginya yang jitu, ia berhasil memenangkan pertempuran. Dan sejak itu, ia mendapat gelar Saifullah (pedang Allah).

Namun pada saat berkecamuknya perang Yarmuk, perang besar antara Islam dan Romawi, tiba-tiba datang utusan membawa suratdari khalifah Umar bin Khathab bahwa dirinya diberhentikan dari pimpinan pasukan yang digantikan Abu Ubaidah bin Jarrah. Khalid menerima dan taat keputusan khalifah Umar. Yuk belajar ikhlas karena Allah SWT semata..

#YukNgaji

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: