//
selamat membaca...
Catatan Syabab

Muhasabah Diri

Sayyidina ‘Umar bin al-Khatthab ra. pernah mengingatkan:

حاسبوا أنفسكم قبل أن تحاسبوا

“Hitunglah diri kalian sendiri, sebelum kalian dimintai pertanggungjawaban (oleh Allah).”

Memang, umur manusia itu di tangan Allah. Tetapi, kita wajib menghitung untuk apa saja umur kita, ketika kita hidup ini?

Andai saja, kita hidup selama 60 tahun. Kita gunakan 8 jam setiap hari dalam 60 tahun untuk tidur, maka kita telah menghabiskan umur kita selama 20 tahun untuk tidur.

Kita bekerja selama 8 jam satu hari, maka kita juga telah menggunakan 20 tahun umur kita untuk bekerja. Sementara kita, dari lahir hingga baligh, 15 tahun. Berarti total, 55 tahun umur kita kita ambil.

Kalau setiap hari kita makan dua kali, dan duduk di ruang makan selama 1/2 jam, berarti kita telah menggunakan total umur kita selama 3 tahun untuk makan.

Jadi, total umur yang telah kita gunakan untuk makan, tidur, bekerja dan usia anak-anak hingga baligh, adalah 58 tahun. Kalau umur kita hanya 60 tahun, berarti sisa umur kita tinggal 2 tahun. Lalu, berapa jam, berapa lama kita gunakan waktu kita untuk beribadah kepada Allah SWT? Apa yang kelak akan kita katakan kepada Allah, saat kita menghadap-Nya, ketika kita ditanya, “Umurmu, untuk apa kamu habiskan?” Subhanllah, walhamdulillah, Allahu akbar..

Kalau kita bertanya, selama 60 tahun, berapa banyak kita telah mengkhatamkan al-Qur’an? Padahal, al-Qur’an hanya 600 halaman atau lebih sedikit.

Jika tidak percaya, bukalah dan lihatlah Mushaf! Mushaf 600 halaman, 30 juz. Dalam sehari, berapa lembar sudah kita baca? Tidak terlalu rumit. Sangat simpel, dan sederhana.

600 halaman dibagi 30 hari = 20 halaman. Kita tiap hari shalat 5 kali. Coba, kita baca selepas shalat 4 halaman, maka sangat ringan, dan tiap bulan kita bisa mengkhatamkan al-Qur’an, sekali.

Subhanallah, walhamdulillah, Allahu akbar. Dengan istiqamah, dengan keyakinan, bahwa al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi kita pada Hari Kiamat, maka semuanya menjadi mudah dan menyenangkan.

Apalagi, jika tiap hari kita gunakan waktu kita untuk berdakwah, terikat dengan hukum Allah, tidak kita isi dengan maksiat, maka catatan amal kita sungguh luar biasa.

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa mengisi waktu kita untuk kebaikan.

Wassalam,
15 Dzulhijjah 1435 H
09 Oktober 2014 M

Khadim Majelis Syaraful Haramain

Hafidz Abdurrahman

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: