//
selamat membaca...
Inspirasi

Belajar pada Sosok Ibnu Abbas

Abdullah bin Abbas, atau yg lebih dikenal dgn panggilan Ibnu Abbas (anak dari Abbas bin Abdul-Muthalib, paman dari Rasulullah saw), adalah sosok sahabat nabi yg sangat cerdas, ahli tafsir di masa sahabat dan seorang faqih dlm agama.

Hal itu berawal dari do’a Rasulullah saw utk Ibnu Abbas “Ya Allah, berilah dia pemahaman dlm masalah agama dan ajarkanlah kepadanya ta’wil” (HR. Bukhari, Muslim).

Tentu hal tsb bukan hanya dari do’a Nabi saja, melainkan dari usaha yg Ibnu Abbas lakukan.

Ibnu Abbas pernah menuturkan pengalamannya dlm menuntut ‘ilmu, “Tatkala Rasulullah saw berpulang ke hadirat Allah, aku mengatakan kpd seorang Anshar, “Mari kita bertanya kpk para sahabat Rasulullah saw, mumpung sekarang mereka masih banyak”. Org Anshar itu pun berkata, “Aku heran, apakah engkau menyangka bahwa manusia membutuhkan dirimu?”. 
Ibnu Abbas tdk menggubris ucapan sahabat Anshar tersebut dan selalu pergi menemui sahabat utk menanyai mereka. Bahkan ia rela tidur di depan pintu sahabat nabi beralaskan baju/selendang hanya utk menunggu sahabat tersebut nanti keluar rumah.

Hal lain adalah Ibnu Abbas sangat menghargai dan menghormati para ‘ulama. Dan ini memang sikap seharusnya dari seorang murid kpd gurunya, mutarabi kpd murabinya, seorang daris kpd mudarisnya (musyrifnya), dst…

Sebagaimana dlm sebuah riwayat yg dikisahkan oleh seorang ‘ulama tabi’in bernama asy-Sya’bi, beliau menurutkan: “Zaid bin Tsabit (seorang ulama sahabat) mengendarai unta. Ibnu Abbas pun menuntun untanya. Zaid berkata, “Jangan lakukan wahai sepupu Rasulullah”.  Ibnu Abbas pun menjawab, “Seperti inilah kami diperintahkan utk memperlakukan ulama kami”. Kemudian Zaid bin Tsabit mencium tangannya dan berkata, “Seperti inilah kami diperintahkan utk memperlakukan keluarga Nabi kami”.

Berkat kecerdasan Ibnu Abbas dlm berdebatlah yg membuat ribuan khawarij bertaubat dan mengakui kesalahannya.

sumber: broadcast message

prio agung | muslim optimizer

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: