//
selamat membaca...
Artikel Pilihan

Mencari “Angin” dengan Antusias

Sahabat yang selalu optimis, saya teringat sebuah kata-kata bijak yang jamak diketahui khalayak ramai, yaitu tentang sebuah layang-layang, begini bunyi dari kata-kata bijak itu: “Layang-layang dapat melayang tinggi karena melawan angin, tidak tanpanya.”

Kata bijak ini benar adanya. Tanpa diterpa angin, sebagus apapun layang-layang, maka ia tak akan mampu terbang tanpa adanya angin. Boleh dikatakan, layang-layang seperti itu hanya pajangan saja. Berarti, disini peran angin sangat menentukan terbang tinggi atau rendahkan sebuah layang-layang. Makin kencang angin, makin memungkinkan layang-layang terbang tinggi. Tentu dengan kualitas layang-layang yang baik, tali pengekang yang kuat, dan yang mendukung layang-layang itu dapat terbang tinggi.

Apa makna yang tersirat di atas? Sebagai perumpamaan, seperti hidup manusia, Angin bisa kita ilustrasikan sebagai hambatan, rintangan, masalah dan lain sebagainya yang sering kali dihindari oleh banyak orang. Level seseorang akan dapat dilihat seberapa jauh ia mampu melewati “Angin” yang hadir dalam hidupnya. Dari situ diri akan terlihat, sejauh mana tingkat ketahanan dalam menghadapi terpaan “Angin” ini.

Hambatan, rintangan dan masalah yang dihadapi orang tentu berbeda kadarnya. Ada kadarnya ringan, sedang, dan bahkan ada yang amat sangat berat. Setiap orang akan mengalami hal yang sama. Guru saya pernah bilang, “Masalah di dunia ini sesungguhnya sama, ia memiliki siklus yang sama antara satu orang dengan orang yang lainnya.” Yup, boleh dikatakan masalah, tantangan dan hambatan sama antara satu dengan yang lainnya. Misalkan seseorang memiliki tantangan pekerjaan, hambatan dalam mencapai pendidikan tinggi, tantangan dalam ujian, masalah keluarga, masalah ummat, masalah keluarga dan lain sebagainya yang mirip-mirip satu orang dengan lainnya. Hanya faktor level yang berbeda.

Oleh karenanya, sesungguhnya solusi juga pasti ada, terlebih Allooh SWT sudah berfirman, “Allooh tidak akan membebani kaumnya, kecuali dengan kemampuannya” Betul?
Dan lebih-lebih ada jaminan kalau yang namanya “Bersama kesulitan itu ada kemudahan.” Artinya berarti setiap level manusia selalu mampu melewati “Angin” yang menerpa mereka. Allooh pasti akan menolong dan Allooh sudah memastikan akan hal itu. “Manjadda wajadda” Barang siapa bersungguh-sungguh, Pasti ia mendapatkan”.

So, bagi para pemenang yang meyakini prinsip layang-layang di atas, maka akan “mencari Angin” dengan antusias. Untuk meningkatkan level kita kepada Allooh SWT. Level iman, level kehidupan, level cinta kita karena Allooh dan level lainnya. Subhanalloh. Semoga termasuk dalam orang-orang yang mempu mengendalikan “Angin” dan menguasainya. Tapu ingat, bukan Avator lhoo yaa 🙂


Apakah hidupmu kini tak sesuai dengan apa yang kamu harapkan?
Ikuti 1 Day Life Performance Boosting: “Change Your Life, Change Your World” FREE | Info: @AgenCDay

Salam @prioagungw

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: