//
selamat membaca...
Aktivitas, Inspirasi

The Only Way for The Real Change

Mendengar kata “Agen Perubahan” tentu mata dan pikiran kita langsung tertuju kepada peran pemuda dan mahasiswa. Bagaimana pun ia masih menduduki peringkat tertinggi sebuah brand “Agen Perubahan”.

Hai kaum muda, mengapa pemuda dan mahasiswa disebut sebagai agen perubahan? Tentu ada alasannya bukan? Diantara alasan tersebut, beberapa hal akan kita bahas dalam tulisan singkat ini.

Pertama, pemuda dan mahasiswa memiliki kekuatan fisik yang prima. Dari tubuh yang kuat, lahirlah sebuah power yang dahsyat. Dari tubuh yang kuat lahirlah ide dan gagasan yang brilian. Dari tubuh yang kuat inilah memungkinkan lahir sebuah gerakan yang besar.

Kedua, kekuatan visi dan idealisme. Pemuda dan mahasiswa memiliki kekuatan ini, visi dan idealisme. Ia lahir sebagai calon intelektual muda, yang mudah beradaptasi dengan ilmu, ide dan gagasan, memungkinkan ia untuk membentuk sebuah opini publik. Dengan idenya, mereka mampu mengubah keadaan. Itulah yang akan terjadi jika mereka bergerak.

Ketiga, kesatuan gerak. Jika lidi hanya satu biji, maka mudah dipatahkan. Jika lidi itu menyatu menjadi gulungan lidi, maka membutuhkan usaha yang cukup keras untuk sampai mematahkannya, atau bahkan justru tak terpatahkan. Demikian juga dengan potensi kekuatan pemuda dan mahasiswa. Ia ibarat lidi. Hanya butuh satu komando memimpin perubahan, menyatukan gerak.

Sekiranya tiga hal itu menjadi modal awal dalam perubahan. Tetapi apakah dengan tiga hal tersebut cukup membawa perubahan yang sejati (the Real Change)?

Mari kita lihat. Sejarah telah membuktikan, tidak ada perubahan nyata yang membawa pada kebahagiaan hanya dengan bermodalkan tiga elemen dasar di atas. Tidak ada. Oleh karenanya, harus ada perubahan mendasar mengenai pergerakan pemuda dan mahasiswa untuk menuju pada perubahan yang sejati.

Oleh karena itu, pemuda dan mahasiswa harus segera berbenah diri, menata diri kembali, menjadi agen perubahan. Dengan mengutamakan jalan perubahan yang shahih.

Pertama, perubahan yang dilakukan bukan sembarang gerakan perubahan semata, akan tetapi ide itu lahir dari kedalaman berfikir mengenai apa sesungguhnya misi manusia berada di dunia ini? Kedalaman berfikir ini mengantarkan pada Aqidah Islamiyyah. Yakni pondasi awal sebuah gerakan yang sejati.

Kedua, gerakan perubahan yang bergulir haruslah gerakan yang memiliki konsep, pemikiran dan metode penerapannya secara shahih. Bukan asal gerak. Oleh karenanya, sebuah gerakan meniscayakan untuk memiliki ciri khas gerakan, yakni pemikiran dan metode yang khas sesuai Islam.

Ketiga, pemuda dan mahasiswa haruslah orang-orang yang shalih, taat kepada Alloh SWT. Bagaimana mungkin ia akan memimpin ummat untuk melakukan perubahan, jika ia sendiri tak taat kepada TuhanNya? Inilah karakter pemimpin hebat yang tunduk kepada SyariahNya.

Keempat, perubahan yang digulirkan adalah perubahan mendasar yang berbasis ideologi Islam. Ya. Dengan berbasis ideologi inilah perubahan menyeluruh yakin dapat kita harapkan. Lihatlah, ideologi sosialisme telah tumbang. Dan Ideologi sekuler Kapitalisme juga sedang menuju sakaratul maut. Saatnya pemuda dan mahasiswa membawa perubahan besar berbasis Ideologi Islam.

Kelima, untuk mecapai keberhasilan gerak, mustahil hanya mengandalkan peran pemuda dan mahasiswa saja. Ia harus menjadi motor penggerak. Ibarat mesin, ia adalah mesin yang memanaskan bagian lain, dan bagian lainnya ikut bergerak bersama secara baik. Bagian lainnya itu adalah masyarakat, intelektual, ulama, pengusaha, tokoh masyarakat, penguasa dan militer yang memiliki kekuatan dan kekuasaan.

Keenam, dengan kesadaran bersama ditengah masyarakat dan kesadaran tinggi pada tingkat pemilik kekuasaan dan kekuatan, perubahan besar yang sejati itu insyaAllah segera diraih. KHILAFAH.

Mari memantaskan diri menjemput pertolongan dari Alloh SWT. Wallohua’lam bishshawab

Follow twitternya Agent of Change Day @AgenCDay

Salam @prioagungw

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: