//
selamat membaca...
Inspirasi, Optimasi Diri

Menghilangkan Keyakinan Palsu

Siapa pun, pasti pernah merasakan yang namanya rasa takut. Syaratnya yang pertama, dia bukan malaikat, kedua dia bukan Tuhan. Oleh karenanya, setiap manusia memiliki rasa takut (al-khauf). Nah, bagaimana cara mengatasi rasa takut agar tidak membatasi potensi sukses pada diri Anda?

Kenali terlebih dahulu sumber takut itu. Rasa takut itu manusiawi. Iya adalah naluri manusia. Hewan juga memilikinya. Menurut syaikh Taqiyuddin an-Nabhani, manusia memiliki tiga naluri, yaitu naluri menuhankan sesuatu (gharizah tadayyun), naluri melestarikan keturunan (gharizah nau’), naluri mempertahankan diri (gharizah baqa).

Dari ketiga naluri tersebut, rasa takut termasuk di dalam naluri Baqa. Iya lahir karena adanya rangsangan dari luar maupun dalam. Nah, saya sharing tentang rangsangan dari dalam. Ia lahir karena adanya pemahaman yang salah.

Pemahaman yang salah ini tumbuh menjadi keyakinan palsu. Contohnya pemahaman yg salah: “Aku ini anak kampung, mana mungkin bisa sukses, kaya?” Atau “Aku ini lahir bukan dari keluarga ustadz, mana mungkin bisa seshalih/shalihah ustadz/ ustadzah yg fasih agama?

Bisa juga pemahaman yang salah mengenai kondisi Anda yg lain: “Aku ditakdirkan jadi orang miskin sepertinya, susah banget jadi orang sukses!” Atau “Kalo dikit-dikit hidup diatur oleh syariah, hidup gak bakalan adil. Jangan bawa agama dalam hidup ini.”

Dan masih banyak lagi. Celakanya, pemahaman itu bisa jadi ada di dalam diri Anda. Dari pemahaman yang salah itulah kemudian lahir keyakinan palsu. Oleh karenanya, jika ingin mengubah nasib hidup Anda, lakukanlah perubahan keyakinan palsu menjadi keyakinan hakiki.

Biasakanlah berfikir positif untuk membentuk keyakinan yg benar. Buang kata-kata berbahaya berikut ini: “Jika, Tapi, dan Alasan” apapun bentuknya. Semua kalimat yg ada tiga kata tersebut adalah kalimat berbahaya yg menumbuhkan keyakinan palsu.

Berbagi Inspirasi Syariah
Follow saya @prioagungw.

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: