//
selamat membaca...
Mompreneur, Tips Bisnis untuk Pemula

Mompreneur

Di sela-sela waktu kosong, banyak diantara Mom’s ingin mencoba ‘iseng-iseng’ untuk menambah penghasilan uang jajan anak atau uang belanja.

Berikut tips menjalankan usaha sampingan dari rumah:

1. Berbasis Hobi
‘Dari Hobi menjadi Hoki’. Mungkin begitu tagline yang pas. Artinya, dari sebuah hobi dapat menjadi sumber pundi-pundi rupiah.

Caranya mudah saja. Ubah hobi Mom’s menjadi usaha. Pertama, hobi apa yg bisa menghasilkan uang? Kedua, gimana caranya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, contohnya istri saya. Dia suka crafting, yakni sejenis hobi membuat kerajinan (craft) yg terbuat 100% dari kain flanel.

Nah, berangkat dari hobi ini, jadilah sebuah usaha kreatif berbasis rumah. Nama usahanya RumahBalqis. Twitternya @RumahBalqisCom. Produk uniknya bisa dilihat di blog berikut ini: http://www.grosirkerajinanflanel.wordpress.com

Semoga menginspirasi ya. Mom’s pun bisa memulainya apapun usahanya. Bisa saja makanan kesukaan, minuman, pakaian dewasa, anak, remaja berupa Jilbab, kerudung, buku, herbal, kebutuhan bayi, dll

2. Berbasis Online
Di zaman facebook, twitter dan segudang media sosial lainnya memudahkan sistem pemasaran produk Mom’s sekalian nantinya. Caranya sederhana saja, yaitu dengan mengupload produk Mom’s di facebook, twitter, BBM, sms temen2, dsb.

Seperti halnya usaha beneran yg membutuhkan toko, usaha online menggunakan blog atau website sebagai tokonya. Jadi, buatlah toko onlinenya yaa.

Sederhana aja, namanya juga aktivitas sampingan Mom’s, tunjukkan tingkat kreatif dan originalnya sebagai usaha kaum Ibu-Ibu. 🙂

3. Memilih usaha tanpa modal
Misalnya saja memilih sebagai distributor atau agen atau reseller sebuah produk dengan akad dropship. Dengan begitu, Mom tidak akan repot dengan urusan produksi/ pengadaan produk itu sendiri.

Dengan sistem pemesanan diawal, dan pembayaran dimuka, usaha seperti ini nyaris tidak membutuhkan modal. Cukup menyediakan no. Rekening yg dipakai untuk transaksi lewat online ini.

Prinsip aktivitas usaha seperti ini adalah Mom’s mencari pembeli. Jika dapat, lalu menghubungi pihak penyedia barang, lalu dipacking dan dikirim.

Beginilah contoh alur transaksinya:
Order masuk -> Uang muka/tanda jadi misal 50% -> Produksi -> Barang jadi siap dikirim -> Pelunasan -> Pengiriman via jasa paket.

Mudah bukan? Jika sudah memiliki cukup modal, Mom bisa beralih menjadi ready stock barang usahanya. Atau jika memungkinkan mengangkat rekan kerja untuk memproduksi barang/ produk usaha Mom’s tersebut.

Catatan: Pemilihan no.rekening sebagai media tramsfer pembayaran ini penting untuk ditekankan di awal, karena ia hanya berfungsi sebagai transit saja. Sehingga pilihlah akad syariah berupa wadiah, yaitu akad syar’ie tanpa riba. Ini terbilang yg paling sesuai untuk dipakai.

Selamat mencoba. Semoga Berkah.

Berbagi Inspirasi Syariah
Follow saya @prioagungw

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: