//
selamat membaca...
Training Bisnis Syariah

Training Remaja: Be SMART With Islam

Potret Buram

Kelam. Satu kata yang patut untuk menggambarkan generasi remaja negeri muslim terbesar di dunia ini. Tak henti dari hari ke hari berita kriminal, seks bebas, pergaulan bebas, narkoba, kebodohan, putus sekolah, tawuran, miras dan demoralitas menghantui generasi negeri ini.

Tak hanya itu, angka criminal dari hari ke hari kian meninggi. Potret buram ini bukanlah pemandangan hari ini saja, akan tetapi telah bertahun-tahun kita lewati.

Banyak orang telah melakukan analisisnya. Dari mereka ada yang berasumsi bahwa generasi negeri ini rusak karena moral dan akhlaknya jauh dari norma-norma Islam dan budaya ketimuran. Dari asumsi ini lahirlah solusi parsial, yakni berdirinya lembaga pendidikan, kurus singkat, kajian musiman dan secamnya. Semua itu dilakukan bagi mereka yang yakin bahwa kacaunya negeri ini adalah dikarenakan demoralitas. Kini, asumsi dan gerakan ini pun tak kunjung menuai ujung pangkal.

Ada juga yang beranggapan bahwa negeri ini kacau balau karena politiknya yang salah kaprah. Tak memandang hati nurani dan hak-hak rakyat. Kesemana-menaan para penguasa dan politik yang kotor penuh tipu muslihat. Maka, sebagian dari mereka mendirikan partai politik berdasarkan pandangan pragmatis untuk mengubah citra dan kemasan saja, dari plitik oportunis menjadi politik nasionalis relijius. Kadang keduanya tak ada bedanya. Bahkan malah lebih liberal. Kini, gerakan ini pun gagal.

Sebagian kelompok berasumsi bahwa hancurkan tatanan Negara ini dikarenakan rendahnya kecintaan masyarakat terhadap falsafah Negara, maka lahirkan gerakan kembali kepada Pancasila dan UUD 45. Gerakan ini nyata-nyata hanya gerakan semu, rapuh dan bersifat sementara. Kinipun gerakan ini gagal.

Dari segi ekonomi, kemerosan ekonomi dan rendahnya kesejahteraan negeri khatulistiwa ini dikarenakan karena daya beli dan daya produksi masyarakat yang rendah. Kata mereka yang berpaham demikian, lahirlah gerakan ekonomi kerakyatan. Gerakan ini diharapkan tumbuhnya kekuatan inti rakyat bersatu membangun kekuatan ekonomi yang berciri khas, kuat dan mandiri. Nyatanya, ekonomi ini tak kunjung menuai hasil, malah semakin tergerus oleh ekonomi kapitalis yang semakin menggurita.

Oleh karena itu, jika semua solusi (solusi parsial) telah dilakukan, maka pertanyaannya adalah apakah ada yang salah dengan pola pikir kebanyakan orang?

Sejenak, mari kita fikirkan apa yang terjadi dengan negeri ini. Apa pangkal masalah sehingga terjadi masalah cabang  multidimensi yang sudah akut ini?

Rusaknya negeri ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena masyarakat yang mayoritas muslim ini kini telah meninggalkan aturan-aturan syariah Islam. Islam telah ditinggalkan sebagai aturan kehidupan. Wajar saja, segala masalah di setiap sendir kehidupan silih berganti.

Oleh karenanya, pangkal masalah sesungguhnya adalah jauhnya manusia dari aturan Alloh. rusaknya negeri ini, ala mini, kehidupan ini adalah karean ditinggalkannya aturan dari Sang Khaliq.

“…telah Nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Alloh merasakan kepada mereka sebahagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar..” (Ar-Arrum; 41”

Kembali kepada Syariah

Oleh karenanya, jelaslah sudah. Kerusakan moral, politik, ekonomi, social, budaya, kejahatan seks, kriminalitas, korupsi, kejahatan rumah tangga, penjajahan, penganiayaan dan sebagainya semua terjadi karena pelanggaran terhadap hokum-hukum Alloh.

Oleh karenaya, kehidupan yang menjauhi hokum Alloh (sekulerisme) haruslah segera ditinggalkan beserta system kehidupan yang lahir dari sekurisme ; demokrasi (system pemerintahannya), kapitalisme (system ekonominya), individualistic (system socialnya), oportunistik (system politiknya), materialistic (system pendidikannya). Semua itu harus ditinggalkan dan diganti dengan system Islam.

Hanya dengan kembali kepada sistem Islam-lah kehidupan yang mensejahterakan akan terwujud dengan janji Alloh SWT. InsyaAlloh.

Ingin ngobrol dengan saya? @prioagungw

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: