//
selamat membaca...
Mompreneur, Optimasi Diri

Be Safe. Be Original.

Ada sebuah kalimat yang cukup menarik untuk dipahami lebih dalam, begini kalimatnya,

Jangan biarkan orang lain mempengaruhi ide dan keputusan Anda. Dalam lima tahun ke depan, Andalah – bukan mereka – yang harus hidup dengan pilihan yang telah Anda buat. (Sarah Brklacich)

Dari kalimat ini saya memaknai sebagai berikut; pertama Hidup adalah sebuah pilihan. Bahwa mau seperta apa kita di masa yang akan datang adalah pilihan kita. Kedua, kita bertanggungjawab penuh terhadap apa yang telah kita pilih. Ketiga, kitalah yang akan hidup dengan hasil pilihan kita sendiri. Walhasil, Anda akan menjadi diri Anda sendiri, be your self.

Ngobrolin tentang menjadi diri sendiri sudah menjadi bahan perbincangan yang paling banyak digemari. Karena saking banyaknya yang diperbicangkan seolah ia hanya menjadi angin lalu. Nah. Biar gak jadi angin lalu, gimana caranya? lebih apliktif n banyakin contoh kali ya.

Menjadi diri sendiri erat kaitannya dengan core competence/CC, keahlian inti dari  diri kita. Dari sinilah bakat dan kemampuan kita akan dilihat. Dan sekaligus CC menjadi harga buat diri kita. Banyak tokoh yang sukses menjadikan core competence mereka sebagai lompatan kesuksesan. Ambil contoh Bill Gates, pengusaha IT yang masyhur. Karena mimpinya membuat PC di setiap meja belajar menjadi sebuat kenyataan. Namun, yang bisa kita perhatikan dari aktivitas Bill adalah sebenarnya awal ia memulai karirnya sebagai seorang plagiator dari MDos yang kemudian ia kembangkan. Core Competence-nya meng-copy paste karya orang kemudian di tambah nilainya/value added. Menariknya  inilah yang menjadi karya original-nya microsoft. Mampu meniru tapi dengan kualitas dan tambahan sana sini yang menjadikannya perusahaan dengan tingkat inovasi paling tinggi.

Namun, tetap the Master yang terbaik. Appel, perusahaan Steve Jobs, musuh bebuyutan Bill ini tetaplah yang terbaik dari segi originalitasnya. Appel mampu memberikan inovasi yang lebih dahsyat dibandingkan microsoft. Walaupun ada sedikit perbedaan dari ciri khas masing-masing yang masih memberikan nilai tersendiri bagi kedua perusahaan tersebut. Jika diperhatikan, kedua pengusaha IT tersebut telah menunjukkan kapasitasnya menjadi the Master n the Copy Master.

Semua itu tidak lain adalah karena origonalitas yang keduanya mencoba ditunjukkan melalui karya-karya mereka. Inilah kiranya jugayang membuat perusahaan yang dihuni oleh orang-orang kreatif kelas dunia ini terus meroket prestasi dan kekayaannya. Mereka terjaga dan aman dari apapun, karena originalitas adalah kunci keberhasilan mereka.

be save. be original.

PAW

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

One thought on “Be Safe. Be Original.

  1. tulisannya bagus. kunjungi blog saya ya
    zarzigur.wordpress.com

    Like

    Posted by theminimalism | March 4, 2011, 5:28 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: