//
selamat membaca...
Training Bisnis Syariah

Membangun kerjasama Tim

Hari minggu yang lalu, tepatnya tanggal 20 Februari 2011 saya bersama kawan-kawan SLTec berkesempatan memfasilitasi pemuda-pemuda tangguh dari Umbulharjo yang tergabung dalam sebuah outbond training bertajuk The Battle Games. Outbond yang digelar Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Imogiri, Bantul kali ini memang spesial. Karena peserta bukan hanya pemuda akan tetapi juga pemuda paruh baya kepala 4 alias sudah bapak-bapak. Bahkan beberapa peserta diantaranya membawa serta putra mereka.

Outbond berlangsung seru dan cukup menguras tenaga dan fikiran. Games yang diberikan memang sangat membutuhkan kekuatan fisik. mungkin hampir 90% gamesnya membutuhkan fisik prima. Sedangkan kolaborasi strategi bermain disana. Namun itu tak menyulutkan ambisi mereka untuk menyelesaikan setiap tantangan yang kami berikan kepada mereka. Terbukti, berbagai bintang berhasil mereka raih. Ada yang mendapatkan hingga 11 bintang, ada yang dapat 10 dan ada yang dapat 4 sekalipun. Namun, itu semua tidak menyulutkan semangat mereka menyelesaikan tantangan demi tantangan.

Outbond ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membangun sinergi tim dalam sebuat team building. Organisasi ini berharap bahwa mereka yang terdiri dari sekitar 30an peserta adalah sebuah tim. Akan tetapi satu dengan yang lain dari mereka terdapat kendala untuk saling kerjasama, yakni mereka tidak mengenal satu sama lain, tidak adanya iklim kerja sama tim dalam organisasi mereka. Ini permasalahannya. Sehingga, diakhir sesi outbond mereka benar-benar diuji kesabarannya menaklukkan tim lain dengan cara membangun kerjasama tim, komunikasi efektif dan tentunya strategi yang jitu. Mereka diharuskan menyelesaikan sebuat tantangan besar, yakni dalam sebuah permainan The battle of game.

Hasil evaluasi dan kesimpulan dari outbond kali ini cukup memberikan pelajaran berharga bagi tim mereka. Pertama, mereka melihat bahwa setiap permainan yang mereka lakukan ibaratkan sebuat miniatur proyek atau simulasi proyek dari setiap agenda kegiatan yang hendak mereka kerjakan. Disana ada target capaian, visi organisasi, atau bahkan sebuah hasil yang diharapkan. Dari hal ini mereka berkesimpulan, hendaknya setiap agenda atau apapun agar mampu diraih dengan baik ada simulasi/ latihan untuk meraihnya yang dilakukan dengan serius. Sebagai contoh gampang, pesawat ulang alik berhasil mencapai angkasa setelah melakukan uji coba berkali-kali. Demikian juga dengan aktivitas organsasi. Harus ada upaya yang serius untuk try and error untuk memeproleh hasil yang bagus.

Kedua, kesadaran bahwa mereka adalah bagian dari tim dan ia menyadari bahwa posisi setiap orang dalam tim sangatlah penting. Melihat dari kemampuan yang dimiliki masing-masing anggota tim.

Ketiga, faktor kepemimpinan sangatlah penting. Dimana leader pengarah, pengontrol dan skaligus sebagai manajer tim. Ia bertanggungjawab mengelola tim menuju visi organisasi mereka.

Keempat, komunikasi. Komunikasi antara pemimpin dengan anggota dan anggota dengan yang lain harus ada kejelasan apakah itu sebuah perintah, atau hanya sekedar informasi. Adakalanya seorang pemimpin merasa bahwa informasi/perintah  yang ia sampaikan sudah jelas, namun faktanya anggota tidak mengerti apa yang dimaksud oleh pemimpin dan begitu sebaliknya. Sehingga terjadi miskomunikasi. Ini berbahaya. Bisa-bisa jika ini terus terjadi maka visi akan sulit untuk dicapai.

Kelima, rela berkorban. Dalam meraih visi, adakalanya kita harus mengorbankan waktu pribadi, tenaga, fikiran dan materi untuk kita sumbangkan dalam meraih visi organisasi.

Keenam, pelatihan yang sehari ini hanya akan menjadi lelah yang tak berbekas apa-apa jika ilmu dan inspirasi yang diperoleh tidak dilakukan. Maka, kunci sukses dalam meraih visi adalah lakukan, lakukan dan lakukan!

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: