//
selamat membaca...
Inspirasi, Mompreneur

Manusia Spesial : Must be Muslim Kaaffah

Pernahkan Anda membuat sebuah kegiatan bersama dengan kawan-kawan organisasi Anda. Yang ingin saya tanyakan adalah, apa yang pertama kali Anda lakukan? Ya. Semua faham jika kita hendak menyusun suatu kegiatan, kita melakukan Manajemen yang sering disingkat POAC, yakni Planning, Organizing, Actuating, and Controling. Planning yakni  bagaimana kita merencanakan dan menyusun desain kegiatan kita dan membukukannya dalam satu bundle kertas, yang sering disebut Proposal. Setelah itu kita mengajukannya kepada Rektor atau pimpinan kampus tertentu. Setelah mendapat persetujuan, lalu kita akan berfikir bagaimana agar kegiatan tersebut dapat terealisasi. Kita akan menyusun timeline atau rundown secara sistematis bagaimana kegiatan kita dapat terlaksana. Penunjukan orang-orang sebagai pelaksana kegiatan pun Anda tentukan. Kemudian mereka menjalankan tugasnya sebagaimana yang disebut tahap actuating. Dan seterusnya. Hingga Anda menyusun Laporan Pertanggungjawaban kegiatan yang telah Anda laksanakan.

Ya. Seperti itulah kiranya ketika kita hendak menyelenggarakan suatu kegiatan. Namun, terfikirkankah dibenak Anda jika kegiatan yang dilaksanakan beberapa hari saja Anda susun sedemikian rapi dan sistematis. Bagaimana dengan alur kehidupan Anda yang bukan dua hari atau tiga hari berlangsung. Akan tetapi, bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun. Sudahkan Anda menyusun Visi hidup Anda untuk masa depan Anda di dunia dan setelah Anda di dunia?

Pertanyaan ini sengaja saya munculkan sebagai lecutan bagi kita untuk serius memikirkan kehidupan kita. Lagi-lagi saya mengingatkan kepada Anda, bahwa inilah yang seharusnya kita lakukan jika kita menginginkan kita menjadi spesial.

Langkah pertama untuk menentukan Visi hidup kita sebenarnya mudah-mudah sulit. Mudah ketika kita mau berusaha. Dan terlihat sulit jika kita tak mau memikirkannya. Menentukan Visi hidup akan terasa lebih mudah jika kita dapat menjawab pertanyaan berikut ini, dari mana kita berasal, untuk apa kita di dunia ini, dan akan kemana setelah kita mati. Tiga pertanyaan tersebut disebut dengan Tiga Pertanyaan Mendasar. Anda harus menjawah tiga pertanyaan tersebut dengan benar dan memuaskan akal. Jika telah menemukan jawabannya, maka Anda akan mudah dalam menentukan Visi hidup Anda serta sesuai dengan koridor syara’.

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: