//
selamat membaca...
Optimasi Diri

Facebook yang Membius

Membius, dahsyat, dan mutakhir

Itu kata-kata Tukul Arwana. Sangat berlebihan. Tapi kalo dipikir-pikir, facebook ini mutakhir, membius, dahsyat juga bukan? Facebook tidak hanya membius kalangan muda, tapi juga sangat muda sampai  yang tua, dari rakyat jelata sampai pejabat dan presiden sekalipun. Obama salah satu diantaranya. Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, keturunan Yahudi, ini menjadi jejaring sosial of the year. Bahkan, pendirinya dinobatkan sebagai Man of The Year oleh media AS. Facebook tidak hanya membius, namun telah menciptakan penduduk baru di dunia maya. itu istilah yang saya buat. Jika tidak berkenan, bolehlah diganti. Silahkan saja.

Pertumbuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun

Dari analsisi Alexa diketahui, jumlah pemilik akun friendster dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Akan tetapi, jumlah pengguna facebook sungguh fantastis. Pertumbuhan grafik pengguna Facebook di Indonesia juga mengalahkan negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. 1.048.334 pengguna internet di Indonesia telah bergabung dengan Facebook hingga 02 Februari 2009 dan angka tersebut mengalahkan pengguna dari negara ASEAN lainnya. Wow..sungguh angka pertumbuhan masyarakat IT Indonesia yang mengesankan dan patut berbangga hati.

Setidaknya tercatat bahwa Indonesia adalah penguna facebook no. 7 Dunia. Dalam prosentasi online, Indonesia mencapai angka 23,8 persen. Artinya, kurang lebih 23,8 persen dari total populasi penduduk di Indonesia telah terdaftar di Facebook. Angka tersebut masih jauh dibandingkan Bangladesh yang memiliki 79,4 persen, terbaik di dunia (vivavews.com).

Dunia maya yang melenakan

Berjam-jam tentu akan sangat tidak terasa jika sudah di depan internet dan komputer atau laptop kita. Enaknya surfing dan browsing. Apalagi semua serba dibikin mudah oleh mbah google dan rekan sejawatnya. mau cari apa saja tinggal ketik, kemudian keluarlah apa yang kita cari dari benak si mbah google. Mau silaturahim juga semakin mudah, tidak perlu ketemu langsung alias tatap muka. kini sudah ketemu tatap layar, dengan spynet, atau semcamnya. Sangat memudahkan bukan. Berteman juga seperti itu, kita tidak perlu keluar pulau untuk punya teman dari kalimantan misalnya. Sebagai orang jawa cukup punya akun facebook, kita bisa bertukar foto dan profile untuk saling kenal. namun, setiap semua itu tentu ada sisi positif dan sisi negatif, Kita akui itu. Namun, yang jadi permasalahan adalah penggunaannya yang berlebihan dan abnormal. Ini yang membahayakan. Akan sangat mudah terlenakan dengan hadirnya facebook ini misalnya.

Sikap generasi muda dan ummat pada umumnya terhadap facebook

Facebook hukum asalnya adalah mubah (boleh). Ini adalah hukum asal untuk berbagai sarana modern dalam berkomunikasi, sama halnya dengan ponsel, faksimili, dan sebagainya. Dasar kemubahannya adalah hadis Nabi SAW,”Kamu lebih mengetahui urusan dunia kamu.” (antum a’lamu bi-amri dun-yakum). (HR Muslim, no 4358). Latar belakang hadis ini adalah Nabi SAW suatu saat pernah melarang menyerbukkan kurma (ta`bir an-nakhiil). Ternyata kurmanya tidak berbuah. Nabi SAW pun kemudian mengucapkan sabdanya tersebut. Hadis ini menerangkan bahwa “urusan dunia”, yaitu apa saja yang tidak terdapat ketentuan hukumnya dari wahyu, maka hal itu diserahkan kepada pendapat manusia. (Lihat Imam Nawawi, Syarah Muslim, 8/85). Jadi hadis ini adalah dalil bahwa secara umum syara’ membolehkan segala produk sains dan teknologi, selama tidak bertentangan dengan Aqidah dan Syariah Islam. (Abdul Qadim Zallum, Ad-Dimuqrathiyyah Nizham Kufur, hal. 12). Selengkapnya disini. Kesimpulannya, facebook hukum asalnya mubah. Namun hukumnya menjadi haram jika digunakan untuk segala sesuatu yang telah diharamkan syariah Islam. Untuk itu, jangan sampai terbius dengan facebook dan jejaring sosial lainnya. Waspadalah! Wallahu a’lam. [ ]

Dari berbagai sumber. 17 Januari 2011

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: