//
selamat membaca...
Optimasi Diri

Penduduk Baru di Dunia Maya

Dunia Maya, Banyak Pilihan Semua Menghibur!

Sebut saja Adult FriendFinder, Advogato, Amie Street, ANobii, aSmallWorld, Athlinks, Avatars United, Badoo, Bebo, Bigadda, BigTent, Biip, BlackPlanet, Broadcaster.com,Buzznet, CafeMom, Cake Financial, Care2, Classmates.com, Cloob, College Tonight, CouchSurfing, DailyStrength, DeviantART, Disaboom, dol2day, DontStayIn, Draugiem.lv, Elftown, Epernicus, Eons.com, Experience Project, Exploroo, Facebook, Faceparty, Faces.com, Fetlife, Filmaffinity, FledgeWing, Flixster, Flickr, Fotolog, Friends Reunited, Friendster, Frühstückstreff, Fubar, Gaia Online, GamerDNA, Gather.com, Geni.com, Gogoyoko, Goodreads, Gossipreport.com, Grono.net, Habbo, hi5, Hospitality Club, Hyves, ibibo, imeem, IRC-Galleria, italki.com, InterNations, itsmy, iWiW, Jaiku, Jammer Direct, kaioo, Kaixin001, Kiwibox, Last.fm, LibraryThing, lifeknot, LinkedIn, LiveJournal, Livemocha, LunarStorm, MEETin, Meetup.com, Meettheboss, Mixi, mobikade, MocoSpace, MOG, Moozemen, Multiply, Muxlim, MyAnimeList, MyChurch, MyHeritage, MyLife, MyLOL, MySpace, myYearbook, Nasza-klasa.pl, Netlog, Nettby, Nexopia, NGO Post, Ning, Odnoklassniki, OkCupid, OneClimate, OneWorldTV,
Open Diary, Orkut, OUTeverywhere, Passportstamp, dan masih buanyak lainnya…ini adalah beberapa dari sekian banyak web jejaring sosial yang marak dikunjungi dan menjadi keseharian orang banyak.

Adalah friendster. Pada masa kejayaannya, situs jejaring sosial ini sempat menggemparkan dengan pengguna paling banyak adalah anak muda dan remaja. Dunia remaja seolah telah tergeser dari dunia nyata menjadi dunia maya yang identik dengan laptop, komputer dan warnet. Uang jajan mereka lebih ikhas dan ridho untuk main games, update status dan ngenet dari pada untuk beli makan. Boro-boro beli makan, kepikir makan aja ngga. Yang penting bisa friendsteran. Paling banter seharian, kalo gak mata merah sampe bengkak, kayaknya gak bakalan bosen didepan layar monitor.

Belum puas, giliran Facebook booming yang disusul rekan sedunia maya, yang suka ngeTwitt, twittee, sebutan untuk penguna akun jejaring sosial yang berlambang burung imut ini, remaja dan generasi bangsa ini kembali disibukkan dengan dunia mayanya. Seolah tak henti-hentinya dunia nyata remaja generasi penerus ini dihantui dengan kesenangan mengumbar sisi diri yang sedang puber. perilaku remaja saat ini pun akan sangat jauh berbeda. Mana ada, sekumpulan remaja main kelereng, main gundu, main egrang, gobak sodor, loncat tali, tangkap bola, atau paling dekat perang-perangan saja, sudah tidak jamannya lagi. Katanya sudah ketinggalan jaman kalo hari gini gak pesbukan, hari gini gak ngetwitte..Buset, kemajuan macam apa yang akan dicapai jika remajanya dari doyan dunia maya?

Dunia Maya yang Mengerikan

Dunia nyata bagi remaja sekarang memang begitu menakutkan kali ya, sampai-sampai ditinggalkan begitu saja. Seolah remaja sekarang tidak berani untuk keluar rumah, mending buka laptop pasang modem dari pada silaturahim, bersosialisasi, berogranisasi, dan aktualisasi diri dengan sahabat dan masyarakat umum. Inilah parahnya. Dunia maya membuat remaja dan generasi ini seakan-akan jauh panggang dari pada api. Remaja sekarang cepat matang, tapi matangnya tidak proporsional. Anak kecil usia 5 tahun sudah pegang HP, merk Balckberry lagi. belum lagi obrolan anak SD sekarang, sudah kayak omongan anak SMA, nah anak SMA ngobrolnya sudah melampaui seumurannya. Peningkatan taraf berpikir atau kekacauan dalam berfikir?

Kita perhatikan dulu fakta berikut ini sebelum jauh menjawab pertanyaan saya di atas.

1. Indonesia adalah penguna facebook no. 7 Dunia. Dalam prosentasi online, Indonesia mencapai angka 23,8 persen. Artinya, kurang lebih 23,8 persen dari total populasi penduduk di Indonesia telah terdaftar di Facebook. Angka tersebut masih jauh dibandingkan Bangladesh yang memiliki 79,4 persen, terbaik di dunia (vivavews.com)

2. Facebook telah membius jutaan pengguna internet di seluruh belahan dunia. Tua, muda, pegawai, pejabat, bahkan calon presiden turut menikmati indahnya berada dalam alam Facebook. Umat – umat baru Facebookers telah membuat jarak berkomunikasi dan bersosialisasi antar anggota menjadi tiada batas. Coba kita tengok grafik pertumbuhan Facebook yang bergerak cepat dibanding layanan Friendster yang semakin menurun.

Grafik penurunan pengguna Friendster berdasarkan Alexa

Grafik kenaikan pengguna Facebook berdasarkan Alexa

3. Pertumbuhan grafik pengguna Facebook di Indonesia juga mengalahkan negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. 1.048.334 pengguna internet di Indonesia telah bergabung dengan Facebook hingga 02 Februari 2009 dan angka tersebut mengalahkan pengguna dari negara ASEAN lainnya. Wow..sungguh angka pertumbuhan masyarakat IT Indonesia yang mengesankan dan patut berbangga hati.

Grafik perbandingan pengguna Facebook negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura berdasarkan Facebook Demographic Statistics

Grafik perbandingan pengguna Facebook negara Indonesia dan Thailand berdasarkan Facebook Demographic Statistics


Sumber gambar dan grafik : http://andibagus.blogspot.com/2009/02/pengguna-facebook-indonesia-tertinggi.html

Jika ini adalah sebuah latah, maka sesungguhnya yang sedang terjadi adalah sebuah pendudukan baru di dunia maya. Maka, di masa yang akan datang, jiak kondisi ini berkembang beitu cepat maka tak dapat dipungkiri jutaan orang akan punya rumah baru yang disebut Cyber.

Jawaban untuk pertanyaan saya tadi terkait dengan pakah ini adalah fenomena kebangkitan berfikir? Bukan, ini adalah keterpurukan pemikiran yang diakibatkan pengaruh budaya dan teknologi asing yang mendarah daging. Paradigma barat yang sekuler inilah yang menjadikan penduduk terbesar dengan kekayaan alam melimpah ini semakin terpuruk dan semakin asyik dengan hiburan yang sarat dengan penjajahan gaya baru. Siapa yang menang, tentu bukan penduduk dunia maya. Tapi, mereka yang membuat pemukiman baru, yang disebut Cyber ini, mereka yang menang. Jadi, selamat datang dipemukiman baru, dunia yang penuh senyum dan hiburan tiada henti, Cyber. (prioagung)

Selasa, 11 Januari 2011

Advertisements

About Muslim Optimizer

karena hidup ini singkat, maka pastikan taat dengan syariat agar selamat dunia dan akhirat l berbagi untuk bekal kehidupan yang hakiki :) @prioagungw

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: